Cara Melilit Dinamo Tamiya [bagian 2]

Klik gambar untuk memperbesar


Angkur dari samping


Dari atas

Konektor

Yap para tamiyaers (ga enak ya?) berhubung saya lagi kyeng, saya kasih nih tutor melilit tamiya, ya berhubung kurang jelas atau kurang panjang, jadi saya akan panjangin

nek langsung yo.
siapkan alat dan bahan :
1. angkur/angker (daleman dinamo buat tempat kawat di lilitkan)

2. cutter/silet/pisau (lebih baik cutter)

3. senar lilitan (ukuran terserah tapi di sarankan 0,5-0,4 biar mudah)

4. lap (yang bagus terbuat dari bahan kaos)

- Pertama Beli dulu lilitan atau kawat tembaganya di toko elektronik (lumayan murah ko terganting jenis) Beli lilitan gitu, saya rekomendasikan dengan ukuran (0.3 0.4, 0.45 0.5 0.6)
kalo pengen mudah coba yang o.6 atau 0.45 karena biasanya ukuran ini pas pada luas penampang angkur

- Lalu dengan menggunakan cutter atau silet (lebih baik cutter) kerik lapisan email tembaga agar listrik dapat mengalir karena tembaga di lapisi email. Dan setiap yang nempel pada konektor di kerik dulu ya!! Wajib

- Lengkungkan lalu kaitkan pada konektor


- Lalu mulai lilit dengan kencang, ke arah atas, dan terus berputar sampai mentok, lalu kembali lagi dengan melilitkan di atasnya (bertumpangan).


- Terus lakukan hal itu sampai mentok atas lalu kaitkan pada konektor (sebelumnya kerik dulu) dan ulangi cara di atas sampai ke tiga penampang penuh




- Lem agar tidak bergeser, lihat skemanya agar lebih mudah




- Nek cukup sekian aja, InsyaAllah kalo bisa sayanya tar kasih videonya dweh (soalnya via HP jelek).

- Selamat Belajar forex

116 Responses to "Cara Melilit Dinamo Tamiya [bagian 2]"

  1. mas lilitan nya yang dikerik cuma yang melekat di konektor kan..

    ReplyDelete
  2. Iya yang dikerk yang melekat pada konektor saja.. biar listrik nya nyambung... :)

    ReplyDelete
  3. saya dari malaysia. terima kasih atas usaha saudara coba nak terangkan cara melilit untuk peminat peminat 4wd walaupun susah nak diterangkan dgn gambarrajah.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas kunjungan di blog saya ini... mohon maaf jika gambar kurang jelas karena saya bukan sang ahli dalam multimedia atau pembuatan gambar :)

    ReplyDelete
  5. wahh mantap nih mas..
    saya juga mantan TAMIYA nih.. hehe!!

    kalau saya melilit dinamo tamiya, cukup dengan 7x lilitan.. tergantung dari tembaganya..
    yang sering saya pakai tembaga berwarna merah ke coklattan..

    untuk masalah lilitan sebenarnya sangat gampang.. tergantung kerapian kita melilitnya sih.. karena kalau asal bisa bikin cepat panasa dinamo..!!

    ReplyDelete
  6. Siip betul tuh sob, wah pake yang 7 kali yah, gede tuh kawat bikin boros batere , harus pake batere super hahaha..

    ReplyDelete
  7. kalo gulung 4 kawat sekaligus gimana ya...

    ReplyDelete
  8. Wah saya belom tau tuh belom pernah nyoba..

    ReplyDelete
  9. 8 9 - hanya nk kongsi apa yg saya tahu..
    7 5 6 cobalah..kawat 0.6 atau 0.65
    1 2 3 4 - harap tak gangu blog saudara..maaf ya
    ...............
    1 2 3 4
    7 5 6
    8 9-ke konektor

    ReplyDelete
  10. Terimakasih saya ucapkan, karena sudah memberikan masukan :)

    ReplyDelete
  11. sama2 saudara..saya nk trangkan sedikit pmbtulan atas skema itu..no 8 yg dibawah tu sepatutnya diletak atas diantara 5 dn 6, dn 9 di lekatkan ke konektor..skema sepatutnya bbntuk piramid..nombor2 di lapisan atas diletak diantara nombor2 lapisan bawah..

    ReplyDelete
  12. Bray...kwat lilitan yg paling bgus ukuran brapa...?
    Trus bwt d angkur ny yg bgus brapa kli lilitat kwat ny...?
    Thanks sbelum ny...Bray...kwat lilitan yg paling bgus ukuran brapa...?
    Trus bwt d angkur ny yg bgus brapa kli lilitat kwat ny...?
    Thanks sbelum ny...

    ReplyDelete
  13. wah mantep jadi pengen maen tamiya lagi ...

    ReplyDelete
  14. mas kalo yang gulungan type lain ada tidak selain model piramid... kayak model kipas gitu...

    ReplyDelete
  15. Yang kaya kipas mohon maaf saya tidak tahu (belum tau) soalnya saya tamiya

    ReplyDelete
  16. uda dililit,dilem pake lem apa biar gx ngeser...
    gmn kalo kita tambah kapasitor dikuningan dinamo na
    biar arus yang di suplai jadi lebih stabil

    ReplyDelete
  17. memang knektor yang biasa saya pake adalah yang ukuran besar (normal lah) kalo agan punya yang lebih besar .. ayo gan di coba.. nanti kalo udah coba kasih tau yah hasilnya,, saya ga ada media untuk nyoba.. dah ga maen lagi nih..

    ReplyDelete
  18. bang gua pake lilitan baja putih ukuran 04, speed bakalan cepet gx ?

    ReplyDelete
  19. mas kalo pakai senar ukuran 0.8 berapa putarannya?

    ReplyDelete
  20. mana yg bagusan,,,lilitannya banyak or sedikit,,??? tng's

    ReplyDelete
  21. mantep brow tutorialnya, sayang jamannnya udah game online :-), oia ane kasih smile jujur (^_^)

    ReplyDelete
  22. hahaha tapi pecinta tamiya pasti masih ada gan.. makasih gan .. :D

    ReplyDelete
  23. maaf nie om.... Ane lagi mau belajar cara melilid dinamo sendiri nie ...
    kira kira memerlukan berapa meter tembaga ya buat melilid satu dinamo ...

    ReplyDelete
  24. tergantung ukuran tembaganya,, lebih gede lebih pendek, kalo ga salah ukuran 0,5 mm itu sekitar 1,5 meter, kalo 0,3 2,5 mter (tapi cari aman aja aga di panjangin) selamat mencoba gan

    ReplyDelete
  25. maksudnyA lebih gede lebih pendek apa.???

    n apakah makin tebal gulungan makin cepat perputaran tao makin lambat..???

    ReplyDelete
  26. ya udah di coba aja,, nanti juga tau sendiri :)

    ReplyDelete
  27. saya afid dari malingping : mas numpang tanya ..
    jumlah gulungan yg paling bagus berapa ?

    ReplyDelete
  28. coba liat komen komen diatas ^^^ kayaknya udah dijawab

    ReplyDelete
  29. wah , cara supaya aliran listrik tetap stabil gimana ya?? >>> nanya sungguhan



    menurut ane sih , pake CDInya sepeda Motor aja gan
    hihihihih >> brcanda gan

    ReplyDelete
  30. nih katanya sih sebelum ngelilit harus ngambil air di 7 sumur, malam jumat kliwon >> serius :p :p


    supaya stabil sebelum ngelilit kawat di lurusin, jgn sampe ada yang bengkok2, terus kerok email kawat yang brsih jangan ada sisa email yang nempel. . kalo bisa pake aki sepeda motor biar listriknya gede :D :D :P :p

    ReplyDelete
  31. wah bagus nih tutor nya :)

    ReplyDelete
  32. mas bantuin ...
    pake kawat ukuran brapa trus brapa lilitan untuk mndapatkan top speed??
    aku pake magnit auldey kuning mas tipis biar gk boros batrei gimana solusinya?

    ReplyDelete
  33. heheehe dah ga maen tamiya ih :D :D :D di coba-coba aja yah,, coba pake kawat 0.3 sd 0.6 coba-coba aja,

    ReplyDelete
  34. klau udh slesai lilitany yg ujungny di cantolin kmana gan,,,,,!




    mhon di jwab darurat gan soalnya aq mau lomba ;-)

    ReplyDelete
  35. cantolin ke ujung yang awal gan :D semoga sukses gan

    ReplyDelete
  36. waah ini mainan masa kecil yang sudah tergantikan .. mudah mudahan gak tersingkirkan ...

    ReplyDelete
  37. maenan gw dulu lagi esempe... haha..

    sampe belabelain bolos buta maen tamiya

    ReplyDelete
  38. sma ane masih maen ginian nih :D :D

    ReplyDelete
  39. aslkum...

    Sobat...
    Mohon pencerahan.y...

    Minta nama fb.y ka'k...
    Atw klu boleh sekalean...

    Nomor hape.y ka'k...

    Serius..bru mo'b'lajar menggulung dinamo..

    Tamiya ku lelet banget...!

    ReplyDelete
  40. ada tu di contact us (atas) tapi saya bukan jago nya saya belajar nya asal aja yang penting jalan :D

    ReplyDelete
  41. kk saya ingin bilang ad jual gk dinamo yg boros batere tapi kenceng

    ReplyDelete
  42. iya kalo kenceng emang biasanya gitu, biasanya juga lilitannya gede...

    =============

    sama-sama

    ReplyDelete
  43. kawat ukuran brapa ya yang fokus nyengkrem angkernya?

    ReplyDelete
  44. nyengkrem? maksudnya nyengkram atau ngelilit ? kalo saya sukanya ukuran 0.3 sd 0.45

    ReplyDelete
  45. Bro ?
    aku butuh penjelasan tentang angka"nya tuh
    gimana maksudnya ya ?
    mohon dijelaskan

    Terimakasih ! :D

    ReplyDelete
  46. mas senar ukuran 0.8 dgn ukrn 0.45
    kira2 yg lebih kenceng lajunya yg ukuran brapa..???

    mau tanya lagi
    dari sekian ukuran senar, mulai ukrn 0.3 sd 0.45
    yg mana yg mas biasanya pakai...???
    tolong balas terimakasih

    ReplyDelete
  47. Wah kalo kencengan mana saya ga tau :D tergantung pokoknya

    biasanya senar yang ukuran 0.5 keatas "biasanya" dipakai untuk drag karena cepat menghabiskan baterai, tetapi kalo yang lintasan biasanya itu 0.45 kalo ga salah

    CMIIW - maaf jarang main tamia lagi :D

    ReplyDelete
  48. mank tinggal d_mna karang
    Aq ndeg sini susah nyari yg nam'y tamiya ..

    ReplyDelete
  49. owh,
    dulu yg sering mas pakai senar ukuran brapa yg buat lintasan???
    pakai angker ukuran brapa mm' ....???
    dan pakai magnet tebel atau tipis..???

    tolong jwb mas soalnya mau tarung nie
    hehe terimakasih...

    ReplyDelete
  50. kak kalaw pemilihan angker na gimana kak. yang bagus bagaimana.
    saya masih kurang mengerti mengaitkan ke konektorna gimana. kalaw gak di solder apakah bagus? tlg kabarin ya kak.
    ke Rizky_app@yahoo.com

    ReplyDelete
  51. @anon saya di daerah cirebon :)

    @rizal kalo buat intasan biasanya ukuran 0.45 soalnya pass kalo di lilit :) kalo senar ukuran 0.6 kebawah pake magnet tipis kalo di atas itu pak magnet tebal gunanya untuk setabilin arus listrik katanya hhahaha :)

    @rizky tinggal di kaitkan aja :) tapi sebelum di kaitkan di kerok dulu maiail yang menempel di senarnya menggunakan cutter

    ReplyDelete
  52. nmpang lewat gan...
    wah tamiya lg boming ni d malang...
    btw,,susah susah gampang gan kalo ngelilit...
    ukran kawat liat kebutuhanx dulu...

    ReplyDelete
  53. tu mah mata pencaharianku...
    tiap hari ngelilit...pasang sirkuit & nrima servis soalnya...mauu??

    ReplyDelete
  54. hahaha sama gan :D kalo ane sambil maen2 aja

    ReplyDelete
  55. 15 l
    14 13 l
    12 11 10 l catatan: lilitan piramid
    9 8 7 6 l tarikan harus kencang
    5 4 3 2 1 l
    Pake kawat 0,5 kualitas bagus, kalau ada jerman. Magnet sedang.
    Jaminan top speed kenceng abis....

    ReplyDelete
  56. gan,cara gulung double gimana y??
    minta penjelasannya...

    ReplyDelete
  57. Double itu ngelilit di sampingnya angkur kan setelah piraid disampingnya masih ada yang kosong :)

    ReplyDelete
  58. bang cara nyolder kawat ke konektor gimana yah,tolong bantuan nya masih newbie hehehehe :D

    ReplyDelete
  59. Gile nih zaman, ngilik aje ampe ada yg ngeblog.
    Dulu sewaktu ane SD pernah juara satu se-bekasi dengan modal jutaan buat ngacirin tamiya.

    Kl ukuran tembaganya >=0.4, baterainya ga ngembat gan kecuali udah pake baterai HP dan berasnya juga cepet aus karna kepanasan, ini sangat bermasalah kl mainnya ditrack panjang atau lap banyak.
    full baring racing juga udah ngacir.

    percuma tamiya kenceng kl kaga stabil,
    biar stabil sasisnya buat sendiri aja gan.

    tamiya ane udah berdebu dirumah tp tetep ane jaga.

    ReplyDelete
  60. bos rifqi gmn ya ya cara solder yang kawat dobel??

    ReplyDelete
  61. Tinggal solder josss :D

    saya kurang mahir dala solder mensolder jadi jarang di solder :D

    ReplyDelete
  62. Klo sudah selesai ngegulung ujung yg satunya lagi dikaitin kemana? Ke kpala angkur yg masih kosonngkah? Atw balik lg ke ujung yang awal?.... Klo balik lagi ke ujung yg awal ,bearti klo kawatnya di lepasin dr ketiga badan angkurnya berarti ada 3 gulungan/3 putusan helai kawat? Benar begitu atw saya yg salah yah... Karna seingat saya klo dinamo bawaan itu biasanya ujung kawat terakhir dari lilitan langsung ke kepala angkur berikutnya trus mulai gulung baru di badan angkur berikutnya yg kanan... Maaf mohon penjelasannya....

    ReplyDelete
  63. Ya gitu muter, di kaitkan ke yang kosong, nah disini saya pake teknik yang sederhana jadi ga pake putusin kawat tapi langsung aja sambung, di putusin tar kalo sudah akhir

    ReplyDelete
  64. yang di lem itu bagian mana ya, pake lem apa?

    ReplyDelete
  65. Kalo dobel gmn si gan,, dari awal lngsung di dobel tow gmn.
    Mhon pencernaan.y gan.

    ReplyDelete
  66. Gan kalo dobel gmn si, darii awal dobel tow gmn

    ReplyDelete
  67. Kalo dobel gmn si gan,, dari awal lngsung di dobel tow gmn.
    Mhon pencernaan.y gan.

    ReplyDelete
  68. double itu 2 kali lilitannya. putaran pertama setengah lalu putaran kedua selengkapnya

    ReplyDelete
  69. maaf bang numpang tanya...
    mw tanya nich...
    apakah jumlah lilitan pada setiap angkur itu berbeda disetiap angkur nya.. trus saya sering buat lilitan, untuk pertama kali laju motor bisa kenceng, tapi bertahan cuma 5 lap, habis itu ga ada aliran listrik yang masuk ke dinamo motor, entah korslet atw apa saya kurang tw..
    itu problem nya apa ya mz....
    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  70. Untuk setiap angkur berbeda tergantung ukuran angkurnya. coba d cek barang kali ada yang terkelupas atau ada yang salah pemasangan konektor (kepala angkur)

    ReplyDelete
  71. Gan mau tanya , kalo lilitan 0,5double nyambungin ke konektornya gimana ??kok kemaren ada yang katain sampai kepang kepang gitu.. tolong bantuin ane ,
    Minta no tlp dong atau pin bb sekalian . Need mentor tamiya soalnya pin bb ane 2973ad43 no tlp 089633425399

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ga maen tamiya, kalo mau belajar jangan yang kepang2an dulu itu ribet ini basic dulu aja. coba aja tanyain sama yang punya toko kalo bingung :D

      Delete
  72. Numpang lewat....
    Kalo saya cukup pake kawat yg ukurannya 0,55 pake magnet tipis aja.
    Jadi batrey ga terlalu boros.. Tips buat temen2 aja... :)
    By :Fey

    ReplyDelete
  73. maaf mo nanya kilikan untuk batrai alkaline memakai senar ukuran brapa ya,magnet jenis apa yang dipakai,salam sahabat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ga kecilan sob 0.5 an. magnet yang tipis aja

      Delete
  74. jadi inget jaman dulu hihihihi,,
    ankernya di tambahin fiber, biar lilitan tambah banyak, double lilit aja pake kawat 0,5 masing-masing kilik 12 lilitan, llitan kedua pake kawat 0,45 masing-masing kiilik 11 lilitan,
    jangan lupa siepin batreai yang banyak.

    ReplyDelete
  75. yg punya blog puyeng d'kerok haha ( bcanda ya mas ^0^ ) ..
    ane bantuin dikit deh kalo gt ..

    ada beberapa jenis kilikan :
    -pyramid
    -alkalin
    -double,single ( kaya pacaran aja -_-" )
    -pelangi

    mau lbh jelas add aja FB ane ai_fan@rocketmail.com

    ReplyDelete
  76. thanks bro... i like this blog

    ReplyDelete
  77. numpang nanya

    gan kalau lilitan double itu yang kaya gimana?
    tolong kasih pengertiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti bro saya posting dengan jelas, ini kurang jelas kalo bisa saya kasi videonya juga :D

      Delete
  78. Mas... numpang nanya, cepetan mana lilitannya pake tembaga merah ma pake tam baga kuning...? soalnya KaIl ane tentang perbandingan ini. sebelumnya terima kasih atas ilmunya.... trus kalo lilitannya lebih bagus sedikit atau banyak biar batre ga cepet abisnya apalagi batrenya batre yang non Rechargeable...


    Makasih mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. merah kuning item ijo itu cuma warna email pelapisnya, yang penting isi di dalam tembaga tersebur, apalagi kalo lapis perak tembaganya wih bagus tuh.. biar ga cpet boros pakai kawat kecil, gulung semuat dari angkur

      Delete
  79. gan cara melilit yg kawat doubel gimana si gan ?

    ReplyDelete
  80. mas yang dikerik itu bukan kawatnya ya tapi konektornya ya

    ReplyDelete
  81. kalau cara biar dinamo muternya lambat gimana ya mas?

    ReplyDelete
  82. Klo saya maaah pake tembaga 0.7 larinya kenceng... bgt - Dracious Tamiya Club

    ReplyDelete
  83. Warna gulungan yang bagus apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna ga terlalu pengaruh, yang pengaruh kandungan tembaganya, tapi biasanya yang bagus wrnanya bagus2, kuing, biri, ijo, rose gold dll >> merk USA atau philips

      Delete
  84. sob kalo bisa kasi video tutorialnya.... soalnya saya gak ngerti liat gambar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada alat buat ngerekamnya, ga jelas soalnya.

      Delete
  85. itu bsa jdi gulungan piramid itu gimana????????

    ReplyDelete
  86. Wah jadi ingat masa2 main tamiya dulu.....ingat jg sama cara melilit kawat....hehehehe......skr anak gua lg yng demam sm tamiya hhihihhihihihi....

    ReplyDelete
  87. maaf gan
    tu lilitan single pa doble gan

    ReplyDelete
  88. Omm... tolong buatin vidio nya pas ngelilit dong yg detail dengan penjelasannya, please....

    ReplyDelete

wdcfawqafwef