Cara Instal Aplikasi Unsign S60V3


Certificate eror, nah apakah teman-teman mengalami itu ketika menginstal aplikasi di HP teman teman? jika iya, saya akan berbagi sedikit cara, dari yang mudah sampai yang termudah, loh ko? ya, memang caranya mudah. Syimbian khususnya S60V3 dan S60V5 terdapat sistem keamanan yang membutuhkan sertifikat dalam aplikasi yang akan di instal, kenapa si harus ada sigin siginan segala? ga seperti yang lain tinggal instal saja, nah saya belum mempunyai jawabn yang pasti, asumsi saya adalah kenapa di buat seperti itu? karena untuk 'keamanan' HP jadi tidak sembarangan aplikasi yang bisa masuk ke HP takutnya bawa 'penyakit' yang kedua mungkin karena bisnis kali ya :-). Sebenarnya pihak syimbian (ato yang bikin aplikasi) telah menyediakan fasilitas untuk mensigin aplikasi yang belum di sign di website symbiansigned.com/ tetapi itu hanya bersifat sementara (demo) ujung-ujungnya harus bayar (bisnis) nah tetapi dengan kecanggihan tekhnoligi akhirnya orang orang (bukan saya) dapat membuat aplikasi ini dapat di instl tanpa harus masuk ke situs mereka disini saya punya beberapa cara, yang sudah saya test sebelumnya ga perlu bikin sertifikat ama opda yang nunggunya lama banget, kita mulai saja :

1. Dengan Secman dan Root sign


Tugas secman adalah menginstal certifikat di HP, dan Root sign untuk membuat certifikat terinstal ke dalam.
download dulu secman dan root signnya
(Download Secman untuk PC)
(Download Secman untuk HP)
(Download RootSign)

Cara penggunaan, setelah mendownload semuanya silahkan jalankan secman untuk pc (jika teman pakai Komputer), instal juga appTRK (untuk menghubungkan HP ke PC, di coba mana yang bisa di instal sampai ikon aplikasinya biru)setelah menginstal secman di Komputer dan menginstal apptrk di hh hubungkan hp dan komputer dengan usb yang cocok dengan hp teman (mode pc suite) nah setting apptrk agar mendeteksi lewat usb



setelah itu jalankan secman di komputer next >> biar secara otomatis mendeteksi HP >> finish


instal root sertificate di secman >> restart. kapan neh instal aplikasinya? sabar sabar,


lalu jalankan root sign di komputer >> pilih aplikasi (sis/sisx) >> klik root sign this sis >> selesai, kirim aplikasi ke hp lalu instal deh.

2. Dengan Free signer Di HP

Ga punya komputer neh gimana dong? gampang bisa pergi ke warnet, atau ga kita pakai aplikasi yang satu ini 'Free Signer'
(Download FreeSigner)


setelah instal free signer masuk aplikasi >> cari aplikasi >> lalu pilih self sign (ga usah bikin sertifikat) >> go >> Pergi ke lokasi dimana aplikasi tersimpan (yang belakangnya ada 'signed' nya) lalu instal deh aplikasinya di hp teman teman.


catatan :
- Sebagian kejadian kita harus mensignin dulu free signer nya agar bisa di instal di hp
- Secman dan Root sign lebih 'ampuh' penglaman saya karena dengan freesigner tidak semua aplikasi dapat di instal

7 Responses to "Cara Instal Aplikasi Unsign S60V3"

wdcfawqafwef