Cara Memasang Ram Pada Komputer

Cara Memasang Ram Pada KomputerCara memasang ram berguna untuk meningkakan kecepatan dan peforma komputer memang banyak caranya yaitu selah setunya dengan menambahkan ram (random access memory).

Tapi kebanyakan orang kesulitan saat akan memasang ram pada Pcnya (termasuk saya...dulu) sampai-sampai harus membawa CPUnya ke tempat reparasi komputer itu sangat menjengkelkan bukan, dan kita malas untuk melakukannya juga. Karena kemalasan saya saya tidak membawa CPU saya ke tempat reparasi komputer, dan saya juga bisa memesang ram sendiri akhirnya kemalasan saya berguna juga..
Saya pengen bagi-bagi caranya nich.

1. baca dulu basmalah.

2. sebelum menambahkan RAM periksa dulu berapa memory RAM PC anda untuk melihatnya klik start run ketiklah dxdiag lalu ok lihatlah pada bagian memory berapa kapasitasnya misalnya 512 mb.

Cara Memasang Ram Pada Komputer
3. Beli RAM dengan kapasitas yang kita inginkan, usahakan jenis ram harus sama [DDR2 atau DDR3, sesuai motherboard] dan merek usahakan sesuai dengan motherboard kita [ga sama juga ga apa apa yang penting jenis RAM sama].

4. Sesudah membeli buka CPU di rumah anda lalu cari slop yang seperti ini atau yang pass dengan RAM yang sudah kita beli (komputer dalam keadaan mati).

5. kalau sudah ketemu buka kunci ram jika masih terkunci tapi jika sudah terbuka tidak usah ya.

Cara Memasang Ram Pada Komputer











6. selanjutnya pasang RAM tersebut lurus dan sesuai dengan slop yang sudah tersedia (biasanya ada dua slop).

7. tekan RAM tersebut sedikit keras salah satu ujung terlebih dahulu sampai menekan kunci dan satunya lagi sampai mengunci secara keseluruhan (sampai ada bunya klik) dan mengunci RAM kuat-kuat. (jangan terlalu keras dalam menekan RAM).

8. setelah RAM sudah terpasang lalu hidupkan komputer anda dan biasanya ada tulisan found new hardware di sebelah kanan bawah anda lalu klik pada ballon tersebut dan akan muncul tampilan menginstal hardware baru lalu klik next sampai finish. (itu proses untuk menambahkan hardware agar berfungsi secara optimal dan jika tidak ada tidak apa-apa).

9. lalu lihat apakah ram pada komputer anda bertambah atau tidak, cara untuk melihat itu klik start run ketiklah dxdiag lalu ok lihatlah pada bagian memory apakah bertambah atau tidak.

Cara Memasang Ram Pada Komputer


















10. selesai dan bacalah hamdalah.

Nah cara memasang ram pada komputer ini selesai, silahkan sobat mencobanya yah.

78 Responses to "Cara Memasang Ram Pada Komputer"

  1. thanks bro!
    tutorialnya jelas :D

    ReplyDelete
  2. gan.. di no 3 katanya
    *usahakan jenis dan merek sesuai dengan motherboard kita*

    masalahnya, gue ngga tau motherboard gue apa..
    terus, gue udah terlanjur beli ramnya..

    gimana nih...
    masih bisa dipake ato ngga?

    thanks

    ReplyDelete
  3. Bisa, insyaALLAH bisa. Asal slop d m0ther boardny sama ama slop ram, kbnykan pke yg DDR 2, tapi k0mptr keluaran skrang ada juga yg pke DDR 3

    ReplyDelete
  4. Thanks gan . .
    naufalwillbeprecident.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Sama2 gan,

    (Tu komennya pake URL aja)

    ReplyDelete
  6. salam mau tnya saya pakai intel pentium 4 1.8ghz bole saya mau letak ram ddr3 4gb

    ReplyDelete
  7. Waalaikum salam.. Jadi gini kalo masalah jenis ram itu disesuai kan dengan slop yang ada di komputer, coba di cek di motherboardnya (ato pas beli bawa contoh ramnya) tapi biasanya pentium 4 memakai DDR 2

    CMIIW

    ReplyDelete
  8. Gan...., Motherboard ane da 4 bagian Slot DDR nya (2 untuk DDR2. di DDR 2 dah terpasang dengan dua-dua nya dengan Kapasitas 512/Slot)
    Sedangkan di Slot DDR 1 mau ane pasang ne dengan Kapasitas 1GB), nah yang jadi pertanyaan ane.....
    Apa bisa jika berpengaruh dengan Tata Cara Setting yang Agan Post di atas..... atau sama Settingan nya....!!!

    Mohon Pencerahan nya Gan ya.....???

    ReplyDelete
  9. Bisa gan,, tetapi lihat dulu spek motherboardnya, berapa maks jumlah RAM yang dapat dipasang, misal PC saya maksnya 2 gb maka jika saya pasang melebihi 4 gb ram tidak akan terdeteksi, tetapi kalo kapasitas ram saya bisa lebih dari 4 gb maka ram bisa diasang dan terdeteksi..

    tapi yang saya heran ada tah jenis ram dalam satu motherboard (DDR 1 dan DDR 2) setahu saya biasanya hanya satu jenis saja, mohon koreksi :) CMIIW

    ReplyDelete
  10. salam...sesiapa yg pndai i.t...plz aja sy...

    ReplyDelete
  11. thnkz buat informasinya

    ReplyDelete
  12. sama-sama...

    Terimakasih atas kunjungannya

    ReplyDelete
  13. ok dech tar saya coba sendiri,biar bisa praktek thank atas infonya

    ReplyDelete
  14. kalo prosesornya dual core biasanya pake ram ddr berapa ya?

    ReplyDelete
  15. Bukan tergantung prosesornya gan, tapi motherboardnya, tapi biasanya dualcore pake DDR2...

    @ hidayat, silahkan gan dicoba.. :)

    ReplyDelete
  16. misalkan beda merk ramnya gimana ?

    ReplyDelete
  17. ga masalah asalkan jenisnya sama, misal DDR 2, jenisnya harus DDR 2 lagi jangan pake DDR 3... merk ga masalah ...

    ReplyDelete
  18. setelah memasangkan ram, ada settingan khusus pada komputer ga?

    ReplyDelete
  19. DDR2 n DDR3 bedanya apa gan,truz klo mau nambah memori ram,gak sama gmn(DDR2+DDR3)..??

    ReplyDelete
  20. yang membedakan slopnya gan, , kalo ddr 3 ga masuk ke ddr2 begitupun sebaliknya (kecepatan juga beda).

    kalo mau gabungin saya rasa ga bakalan bisa gan . .

    ReplyDelete
  21. Gan kalo mau nambahin ram misalnya: komputer ane udh ada ram ddr2 1gb trus ane mau pasang lagi tapi 2gb ddr2, itu bisa gak?

    ReplyDelete
  22. bisa banget,, asal masih ada slop yang tersisa :D

    ReplyDelete
  23. assalammualaikum

    gini ceritanya saya kan baru beli memory RAM 1GB yg DDR2 lalu saya pasang di slot 1 dan di slop 2 ada memory RAM 512 MB lalu saya lihat di my computer-properties RAM nya kok berkurang menjadi 448 MB RAM trus saya coba lihat di dxdiag sama juga hasilnya, trus saya lihat lagi di CPU-Z RAM nya tidak berubah malahan bertambah memory RAM nya

    mohon pencerahannya...... wassalam

    ReplyDelete
  24. Waalaikum salan, itu mungkin kurang pas ram yang 1 gb nya, buat ngetest coba cabut ram yang 512 nya pasang yang 1 gb nya aja apakah terdeteksi ramnya, kalo blm coba ganti ke slop satunya, kalo ga terdeteksi juga mungkin dari RAM nya. . . kalo dah jalan bisa di pasang lagi ram 512 nya.. semoga berhasil sob

    ReplyDelete
  25. Numpang tanya gan
    kalo slot di motherboard cuma ada DDR2 padahal mau psang ram DDR3, itu berarti harus ganti motherboard baru?
    sebagai informasi slot ram saya yg satunya terbakar
    jadi cuma bisa dipakai 1 slot

    ReplyDelete
  26. gan klw mw liat spesifikasi motherboard nya gimana?
    biar tahu RAM nya boleh berapa gb .
    terima kasih sebelumnya .

    ReplyDelete
  27. coba di baca diatas ada ko :D

    yang dxdiag

    ReplyDelete
  28. aslm.. saya mau tanya gan.. bagaimana solusinya klo kita menambah ram.. tapi ran tersebut tidak terbaca... krna saya sedikit kebingungan krna slot nya pun tak bermasalah

    ReplyDelete
  29. 1. cek ram nya jalan ga bisa pake koputer orang buat test..
    2. cek slop pake ram orang (yang pasti jalan) buat test

    kalo masih blm terdetek hubungin tukang servis

    ReplyDelete
  30. gan yang ddr2 rata2 ga ada yang memori 2 giga ke atas.....gimana neh??

    ReplyDelete
  31. cari di toko online bang.. banyak ko

    ReplyDelete
  32. salam..
    mas saya punya masalah dengan komputer ketika komputer saya tambahkan ramnya 2gb koq tidak mau masuk ke windows restart trus..
    itu masalah'a dmn y.????
    mohon bantuan'a

    ReplyDelete
  33. memang tadinya berapa gb ramnya ? coba ram barunya di copot dulu pakai ram biasanya, tukar slop ram, cek lagi pemasangan ramnya atau cek windows nya biasanya kalo ram ga terdetksi komputer cuma diem di bios ga restart, , ,

    ReplyDelete
  34. bagus bro tapi kalo bisa banyakin gambarnya donk biar lebe gampang tutorialnya

    ReplyDelete
  35. assalamualaikum
    gan saya mau anya ni.... kalo pentium(R) bisa gak pake ram yang ddr3 .....

    ReplyDelete
  36. Waalaikum salam sobat, itu semua tergantung pada slot di komputer nya, pentium(R) biasanya ddr2 atau ddr1 karna sudah lama saran saya kalo mau beli ra bawa ram yang ada di komputernya sebagai contoh

    ReplyDelete
  37. gan kenapa yah Ram saya gak bisa di kunci ?

    ReplyDelete
  38. Mungkin rusak kuncinya. atau ramnya bukan jenisnya jadi ga pass

    ReplyDelete
  39. makasih gan atas infonya, cz saya jg rencana mau tambah ram buat komputer saya.

    ReplyDelete
  40. gan saya udah pasang ramnya tapi kok di dx diag gak berubah ramnya?

    mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  41. cek ram sudah terpasang dengan baik, cek apakah ram tidak rusak, cek cpunya apakah ram nya cocok,, tanya tukang reparasi :)

    ReplyDelete
  42. gan saya ada masalah nih saat masang RAMnya
    saya udh ikutin tutor di atas tpi pas saya tekan ujung 1 udh ngunci tpi pas tekan yg ujung 1nya susah bgt
    pencerahan please klo bisa ksh foto letak ramnya soalnya ane takut kbalik.. -_-
    maklum msh newbie -_-

    ReplyDelete
  43. Teken aja yang keras bro, atau tekennya berbarengan, lihat slopnya pas atau gak, biasanya ada guratan kecil untuk neceknya

    ReplyDelete
  44. kenapa gak bisa di detect ya gan ? padahal udah ada tulisan 3.00 gb ram tp yang usable tetep yg 1.00 gb ? gmna gan ?

    ReplyDelete
  45. Cek motherboardnya (mobo), kompatibel ga sama ramnya, atau cek kapasitas maksimum dari mobonya mungkn sudah poll, coba spek komputernya apa aja ?

    ReplyDelete
  46. Saya coba ganti memory ram pke ddr1 1gb tp malh kebakar..posisi yg betul gmn ya?soalnya dibag bawah ada tlsn angka 1 dan 90 sekuan n di baliknya 90sekian smpe 100 sekian..saya bingung yg ngadep ke arah depan cpu yg mn?thx

    ReplyDelete
  47. Periksa slopnya rusak apa tidak, lihat posisi slopnya ada bolongan yang pas

    ReplyDelete
  48. gan gua kan dah pasang ram menurut diatas dan berhasil terus gua ga nampak tulisan found new hardwernya gimana tu? emang tulisannya dimana? tapi gua cek lewat dxdiag udh nambah memori ramnya gimana gan pendapatnya

    ReplyDelete
  49. coba di cek dah nambah belom ? kadang ga muncul ko

    ReplyDelete
  50. bang mau tanya
    saya pakek AMD phenom 8450e triple core procesor 2,1 ghz
    nah itu MOBO ane ddr
    VGA nya OB
    kalo ane tambah ram, pa VGA nya ikut nambah

    soalnya saya pernah niatnya cuma nambah ram di laptop
    dari 2gb jd 4gb
    tp VGA kok ikut naik
    dari 1gb jd 2gb
    mohon penjelasannya

    o y, ram pakek venom rx ddr2 1gb pc6400 kalo g salah
    bisa g misalnya nambahnya pekek visipro dd2 1gb pc6400 atau mereklainya?

    ReplyDelete
  51. iya kalo yang on board memang memory diambil dari ram jadi kalo tambah ram otomatis tambah memory..

    bisa asal kecepatannya saetara (cek di ramnya)

    ReplyDelete
  52. Gan, saya minta tolong nanya...
    Saya pemakai pentium 4 ,dgn ram DDR1,,,
    Di motherboard saya ada 2 pasang slot ( berarti 4 slot)...
    Di pasangan slot ke-1 sudah terpasang 2 batang RAM ..256 mb + 256 mb...

    Saya mau nambah kan di pasangan slot yg ke-2 ,,baik nya gmana ya?
    Apa harus 256 mb+ 256 mb..lagi?
    Apa bisa 512 mb + 512 mb,,
    Apa bisa satu buah ram saja...?

    ReplyDelete
  53. bang di pc saya ada 2 slot ddr sama 2 slot ddr2
    pertanyaanya bisa di gabung sekaligus gak?

    ReplyDelete
  54. @anonim bebas gan mau pasang yang mana aja :) mau 512 mau 256 ya monggo :)

    @boedak kalo slotnya tersedia ya bisa :)

    ReplyDelete
  55. mau nyanya nih om?
    kok pada waktu saya pasang ram 1gb ddr3 di komputer saya lalu saya nyalain komputer nya kok gk hidup ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ramnya ga pas, gak masuk jadi gak kedetek di kompi

      Delete
  56. gan saya takut ni masang ramnya terbalik apa akibatnya jika masang ramnya terbalik

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kebalik, biasanya ga jalan, lagiankan slotnya udah pas, jadi kmungkinan kecil kebalik

      Delete
    2. memasang ram bisa sampe terbalik mungkin slot ram agan rusak.yg saya tau slot ram masing2 jenis berbeda2...contohnya SLOT RAM DDR1 DAN RAM SDR itu punya perbedaan...klo DDR1 ada 1 calah pada slotnya klo SDR ada 2 celah....nah kalo DDR1 dan DDR2 juga begitu....punya 1 celah tapi letaknya ga sama persis....
      thx....mohon koreksi min

      Delete
    3. masing2 tipe ram slotnya berbeda2 kok gan...kemungkinan kecil bgt terbalik....klopun masih bisa terbalik mungkin slot ram agan rusak.
      mohon pencerahannya min

      thx

      Delete
    4. ya ram DDR1 DDR2 DDR3 slotnya beda2 jadi ya ga sama :D

      slot ram itu ngepas sama ramnya, jadi kemungkinan kecil kebalik, g mungkin kan baut ukuran 12 bisa masuk ke ukuran 13? kecuali kalo bautnya rusak.

      Delete
  57. Gan ane mau tanya kok ane masang ramnya agak kendor ya ?? kenapa gan??? jelaskan ???

    ReplyDelete
  58. Jd gini gan,, slop ram di pc ane ad 2 n smuaxa berfungsi dg baik,, tp wktu ane tambahkan lg 1 ram ddr2 800mhz sama persis dg ram bawaan pc. malah muncul layar blank/hitam. tp klo dibuka salah satu ramxa pcq normal kembali,,,mhn solusixa gan..trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ram nya ga pas gan, coba deh cek lagi kali aja keselip, kalo blank gitu berarti ram ga ada (ga kedetek)

      Delete
  59. gan mau tanya nih.. gw udah ada ram 2gb ddr2 nih yang pc6400 .. kalau gw mau beli lagi yang 2g tp pc 10600 bisa gak? tp ddr2 juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi sayang, mending samain sama kecepatan processornya, mobadzir kalo pak yg gde tp processor cuma bisa baca dibawahnya. atau mending samain sama ram sebelahnya

      Delete
  60. Gan, mau tanya, kalo beda merek, ada masalah kah?

    ReplyDelete

wdcfawqafwef