Cara Berkembang Biak Ayam Pedaging (Broiler)

Bagi yang penasaran bagaimana cara berkembang biak ayam pedaging (Broiler) dan masuk ke web ini kita tos dulu karena sama saya juga penasaran, setelah googling sana sini baca-baca jurnal dan makalah peternakan akhirnya saya temukan kesimpulan yang kurang memuaskan hehehe karena yang saya baca kurang lengkap, jadi saya simpulkan dengan 'sedikit' firasat saya, diantaranya :

Cara Berkembang Biak Ayam Pedaging (Broiler)

1. Dimanakah Induk Ayam Broiler?
Induk ini tidak biasa diperjual belikan sob, melainkan hanya dijual telur atau DOC (anakannya) saja, jadi yang kita makan itu anakannya sob, biasanya indukannya itu hanya dipelihara oleh produsen penghasil anakan broiler, indukan disebut Parent Stock(PS).

2. Darimana Indukan Broiler (Parent Stock)?
Indukan Broiler (Parent Stock) berasal dari Grand Parent Stock (GPS), atau sederhananya berasal dari ayam 'asli' yang di biakkan untuk menghasilkan induk. bingung ya? sama hehee coba perhatikan hirarki di bawah :
  1. Tingkat Pure Line (PL) ayam galur murni yang memproduksi DOC Grand Parent Stock (GPS),
  2. GPS yang memproduksi DOC Parent Stock (PS), dan
  3. PS yang memproduksi DOC Final Stock (FS).
  4. Ayam FS inilah yang dibudidayakan oleh peternak untuk keperluan konsumsi.
atau begini, >> = menghasilkan
Ayam Asli >> GPS >> PS >> FS (ayam potong)

Cara Berkembang Biak Ayam Pedaging (Broiler)


3. Terus ayam bloiler (FS) kelaminnya jantan apa betina?
Ada jantan dan ada betina sob.

4. Lalu apakah ayam broiler bisa berkembang biak?
Saya kurang tau sob yang ini, apakah mereka masih bisa berkembang biak atau tidak. Kalo ada yang tau monggo komen yah :-D, tapi saya yakin 60% ga bisa berkambang biak, karena tingkat berkembangbiaknya sudah menurun karena persilangan diatas tapi keyakinan tanpa bukti itu ya lemah hehehe.

referensi :
http://ekonomi.kompasiana.com/agrobisnis/2011/05/26/tak-berbiak-tetapi-lestari-367423.html
http://www.ternakayamkampung.com/2012/06/membedakan-jenis-kelamin-anak-ayam.html
http://lintangrinastiti.blogspot.com/2013/05/ayam-broiler-dari-waktu-ke-waktu.html

Nah sob gimana? apakah masih bingung lagi dengan cara berkembang biak ayam pedaging? mudah udahan postingan diatas bisa mencerahkan.

0 Response to "Cara Berkembang Biak Ayam Pedaging (Broiler)"

Post a Comment

wdcfawqafwef