Tips Trik Menghaluskan Suara Tamiya

Abdi's Blog - Walau saya dah ga maen tamiya lagi dan sudah ga aktif dalam dunia tamiya, tapi mudah-mudahan tips kecil ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan, Cara Melilit Dinamo Tamiya sudah saya post lalu Tips Trik Dalam Melilit juga udah nah mungkin tips kecil ini belum saya post, yaitu menghaluskan suara  tamiya, nah bagi yang sudah bisa melilit dinamo tamiya, dan masih mendapatkan suara yang 'jelek' atau masih kasar, nah tune up ini mungkin bisa membantu.

Suara bising pada tamiya pada dasarnya adala adanya gesekan, nah usaha kita untuk menguranginya adalah dengan meminimalisir gesekan, hal hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

- Gunakan klaher (bantalan peluru) pada setiap tempat yag terdapat gesekan, seperti pada as roda dan dinamo

- Geserkan gir langsung agar tidak terlalu menekan pada gir as roda

- Gunakan pelumas secukupnya, disarankan yang pakai semprotan yah.

- Bersihkan kotoran yang menempel di bagian yang terdapat gesekan, seperti as roda atau dinamo

- Minimalisir gesekan dengan mengokohkan rangka tamiya, beri bemper penguat dll lah 

Nah itu sedikit tips dari saya silahkan jika ada yang mau menambahkan.

20 Responses to "Tips Trik Menghaluskan Suara Tamiya"

  1. oke deh mas, thanks, saya baru belajar Tamiya nih,

    ReplyDelete
  2. Siip mas kita belajar bareng, tapi saya da pensiun hahahaha

    ReplyDelete
  3. abis baca tips diatas jd pengen main tamia lg.. yg bagus apa yh skrg.. dl main tamiya zaman2nya dash yonkuro hehe

    ReplyDelete
  4. ahahh iya mas saya juga gitu jadi pengen main lagi, tapi apa lah daya hehehehe

    ReplyDelete
  5. berapa jumlah lilitan yg pas untuk batrai biasa
    berapa jumlah lilitan yg pas untuk batrai biasa

    ReplyDelete
  6. Kita melilit sampai mentok di angkurnya (jumlahnya tergantung ukuran kawat) .....

    ReplyDelete
  7. 1.Apakah jenis atau ukuran Kawat tembaga untuk lilitan bs mempengaruhi Speed drpd dinamo tsb ??
    2.yg bagus pakai jenis dan ukuran brp ??
    3.panjang angkur bisa menambah speed g ??
    Mkc sblmx...

    ReplyDelete
  8. untuk memilih kawat lilitan saya dengar rumor dengan kawat warna merah lebih bagus daripada yg berwarna ijo ato emas..apakah itu benar mas..terus jumlah lilitan harus ganjil apakah itu juga benar mas? mohon petunjuk nya..salam hangat dari jogja

    ReplyDelete
  9. menurut saya ga ngaruh warna itu hanya email pelapis saja jadi yang penting itu dalemnya...

    ganjil ? ga tau sih soalnya saya ga tau teorinya, saya cuman ngelilit biasa aja yang penting jalan maklum amatir

    ReplyDelete
  10. mas mau tanya , kalau tamiya pas start gak langsung srint itu kenapa ya , padahal ban dan dinamo sudah diganti beberapa kali tetap aja gak mau sprint dari awal jadi kalah start ?

    ReplyDelete
  11. Emang biasanya gitu, coba saja pakai gear nomer 15 biasanya berat saat ngangkat

    ReplyDelete
  12. ukuran gear yg bagus bisa berapa yaa???
    antara gear dinamo.gear tengah,gear belakang?

    ReplyDelete
  13. kalo saya pake gear langsung jadi cuman 2 gear, saya pake yang ukuran 16 kalo ga salah

    ReplyDelete
  14. mas.. mantan tamiya sampean d jual brp mas? tak beline .. mungkin bisa lebih mahal drpd tawaran pean..

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. cek >> http://www.bloghabibi.com/2014/01/jual-gulungan-dinamo-tamiya-speed.html

      Delete

wdcfawqafwef